Peningkatan Pelayanan Publik: Pengelolaan Ekowisata Di Daerah Provinsi Yogyakarta Berdasakan Ulasan Sentimen Pengunjung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baeza-Yates, R., & Ribeiro-Neto, B. (1999). Modern information retrieval (Vol. 463, Issue 1999). ACM press New York.
Bilah, C. O., Maulidar, J., Atina, V., & Infantono, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Jelajah Museum Karbol Akademi Angkatan Udara Pada Platform Android. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 5(2), 127–139. https://doi.org/10.36595/misi.v5i2.659
Budianta, W., & Yulianto, E. (2022). Kajian Geologi Lingkungan Untuk Pengembangan Kawasan Di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jurnal Mineral Energi Dan Lingkungan, 5(1), 34. https://doi.org/10.31315/jmel.v5i1.6107
Damanik, J., & Weber, H. F. (2006). Perencanaan Ekowisata: Dari Teori Ke Aplikasi. Andi.
Darmawan, A. S. (2020). Potensi Dan Pengelolaan Ekowisata Di Bendungan Karangkates Perum Jasa Tirta 1 Malang. Masyarakat Pariwisata Journal of Community Services in Tourism, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.34013/mp.v1i1.344
Ditha, R. A., Prasetyo, D., & Syamsu, M. N. (2021). Pengembangan Museum Sonobudoyo Sebagai Daya Tarik Wisata Edukasi Di Era New Normal. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 251. https://doi.org/10.24843/jdepar.2021.v09.i02.p02
Firmansyah, M. F., & Nasution, F. Z. (2020). Indeks Kepuasan Publik Bidang Pariwisata Dan Strategi Pengembangan Pariwisata Di Wilayah Priangan Timur. Welfare Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(2), 118–131. https://doi.org/10.37058/wlfr.v1i2.2143
Firsty, O., & Suryasih, I. A. (2019). Strategi Pengembangan Candi Muaro Jambi Sebagai Wisata Religi. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(1), 36. https://doi.org/10.24843/jdepar.2019.v07.i01.p06
Ghanjali, A. A. A. N. S. (2024). Strategi Pelayanan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Denpasar. Public Inspiration Jurnal Administrasi Publik, 8(2), 104–109. https://doi.org/10.22225/pi.8.2.2023.104-109
Hadi, W. (2018). Analisa Terhadap Pengembangangan Obyek Wisata Di Mata Mahasiswa Luar Jawa Sebagai Wisatawan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism Hospitality and Recreation, 1(2), 70–82. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13768
Harinawati, H., Candrasari, R., Subhani, S., Arifin, A., Ferbrianto, S., Rambe, Z. F., & Ramadhan, S. A. (2022). Pengabdian Bersih Pantai Wisata Krueng Geukueh Kolaborasi Mahasiswa Baru, Alumni Dan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 1(2), 73. https://doi.org/10.29103/jmm.v1i2.9035
Heriawan, R. (2004). Peranan dan Dampak Pariwisata Pada Perekonomian Indonesia: Suatu Pendekatan Model IO dan SAM.
Martayadi, U., & Supriyadi, E. (2024). Implementasi Kearifan Lokal Awik-Awik Dalam Pengelolaan Ekowisata Di Gili Terawangan: Analisis Dampak Keberlanjutan Lingkungan Dan Kesejahteraan Masyarakat Lokal. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.37253/altasia.v6i1.8961
Medhat, W., Hassan, A., & Korashy, H. (2014). Sentiment analysis algorithms and applications: A survey. Ain Shams Engineering Journal, 5(4), 1093–1113.
Meyers, K., & Zalukhu, S. (2009). Panduan Dasar Pelaksanaan Ekowisata. Jakarta: Unesco Office.
Mursalim, S. W. (2018). Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Sistem Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi Media
Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(1), 1–17.
https://doi.org/10.31113/jia.v15i1.128
Novriando, A., Purnomo, E. P., & Salsabila, L. (2020). Efektivitas “Jogja Smart Service” Terhadap
Pelayanan Publik Di Kota Yogyakarta. 68–75. https://doi.org/10.31947/jgov.v13i2.8817
Owen, L., Vigiliant, K., & Putra, I. F. (2021). NLP_bahasa_resources.
Pang, B., & Lee, L. (2008). Opinion mining and sentiment analysis. Foundations and Trends® in
Information Retrieval, 2(1–2), 1–135.
Prayogo, R. R., AB, S., & Si, M. (2018). Perkembangan pariwisata dalam perspektif pemasaran.
Surabaya: Bitread Publishing Yan Hanif Jawangga (2019). Dasar Dasar Manajemen. Klaten:
Cempaka Putih.
Purbadi, Y. D., & Lake, R. C. (2019). Konsep Kampung-Wisata Sejahtera, Kreatif, Cerdas Dan
Lestari Berkelanjutan. Emara Indonesian Journal of Architecture, 5(1), 12–23.
https://doi.org/10.29080/eija.v5i1.641
Purnomo, A. M. (2018). Pemberdayaan Sosial Dalam Pengembangan Ekowisata Di Pekon
Kiluan Negri, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Jurnal Kesejahteraan Sosial,
(02). https://doi.org/10.31326/jks.v2i02.155
Rahayu, S., Dewi, U., & Fitriana, K. N. (2017). Pengembangan Community Based Tourism
Sebagai Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Kulon Progo,
Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1).
https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.13111
Salsabila, N. A., Winatmoko, Y. A., Septiandri, A. A., & Jamal, A. (2018). Colloquial indonesian
lexicon. 2018 International Conference on Asian Language Processing (IALP), 226–229.
Syauqi, F. (2023). Mendorong Ekowisata Berkelanjutan di Yogyakarta Melalui Exploring by Cycling (ELING). Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.
Vinodhini, G., & Chandrasekaran, R. M. (2012). Sentiment analysis and opinion mining: a survey. International Journal, 2(6), 282–292.
Wahyuni, S. (2019). Analisis pariwisata budaya dalam pengembangan aset lokal perayaan upacara adat dahau di Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 3(1).
Wiharso, Yuliana, E., & Supriono, E. (2020). Pengelolaan Ekowisata Mangrove Berdasarkan Daya Dukung Ekosistem Dan Persepsi Masyarakat. Jurnal Matematika Sains Dan Teknologi, 21(1), 48–60. https://doi.org/10.33830/jmst.v21i1.701.2020
WTO. (1997). International Tourism: A Global Perspective (English version). World Tourism Organization.
WulanDari, N. W. M. P., Wahyuningsih, E., & Anwar, H. (2023). Persepsi Masyarakat Dan Wisatawan Dalam Pengembangan Ekowisata Air Terjun Kelambu Di Desa Bukit Tinggi Kecamatan Gunungsari. Jurnal Rimba Lestari, 2(2), 79–87.
https://doi.org/10.29303/rimbalestari.v2i2.598
Yusnitasari, T., Ikasari, D., Pratiwi, E. E. S., & Ramdani, N. S. (2017). Analisis Sentimen Terhadap Review Restoran Fish Streat pada Aplikasi Zomato Menggunakan Stemming Nazief Adriani dan Naive Bayes Classifier. Prosiding Sentrinov (Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif), 3(1), EB163-174.
Yustikasari, Y., & Meirinawati, M. (2023). Strategi Pelayanan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Dalam Meningkatkan Wisatawan Pada Objek Wisata Telaga Sarangan Kabupaten Magetan. Publika, 1877–1888. https://doi.org/10.26740/publika.v11n2.p1877-1888
Zulkieflimansyah, Z., Mandasari, F., & Yamin, A. (2023). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Terhadap Mutu Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Kantor Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat). Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10941–10949. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3409
Article metrics
DOI: http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v27i2.942
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
Copyright (c) 2024 Iwan Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL WACANA KINERJA INDEXED BY:
__________________________________________________________________________________________________________
@2025 National Civil Service Talent Policy Strategy and Learning Center (Pusat Pembelajaran dan Strategi Kebijakan Talenta Aparatur Sipil Negara Nasional Lembaga Administrasi Negara - Pusjar SKTAN) Jl. Kiara Payung KM. 4, 7 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45366 Telp. (022) 7790048-7790044-7790049-7782041-7782042 Fax. (022) 7790055-7782178; Email: wacanakinerja@yahoo.com; wacanakinerja@gmail.com
Powered by OJS














