Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Pelayanan Perpustakaan
Rina Christina
Abstract
Menilik bahwa pelayanan perpustakaan perlu ditingkatkan, mengingat setiap perpustakaan harus menyediakan bahan pustaka secara tepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa layanan perpustakaan. Dalam hal ini layanan perpustakaan merupakan citra dari suatu perpustakaan .Dengan kata lain per indentik dengan layanan, karena tidak ado perpustakaan jika tidak ada kegiatan layanan, sebab bagaimanapun hebatnya suatu perpustakaan apabila layanannya sangat buruk, maka citra perpustakaan itupun akan sangat buruk, begitu juga sebaliknya. Untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan maka peranan pustakawan dalam hal ini perlu ditingkatkan, karena pustakawan merupakan penggerak dan penyelenggara kegiatan layanan perpustakaan. Pustakawan dituntut cekatan, terampil, ramah, berwawasan luas, rajin, cepat tanggap, siap membantu pengguna dalam menemukan informasi yang dibutuhkannya serta aktif kreatif melakukan pengembangan diri dalam rangka meningkatkan pelayanan perpustakaan, selain itu kompensasi yang harus dilakukan seorang pustakawan dalam meningkatkan pelayanan perpustakaan adalah berkemampuan untuk mengelola informasi sehingga ditemukan kembali ketika dibutuhkan, mampu menyampaikan materi yang terkait dengan literasi informasi kepada pengguna, berkemampuan interpersonal dan intrapersonal.
@2025 Center fo State Civil Apparatus Training and Development and Competency Mapping (Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara - Puslatbang PKASN LAN) Jl. Kiara Payung KM. 4, 7 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45366Â Telp. (022) 7790048-7790044-7790049-7782041-7782042 Fax. (022) 7790055-7782178; Email: wacanakinerja@yahoo.com; wacanakinerja@gmail.com